Temukan Informasi Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah Serta Biayanya di Sini,

Informasi –  biaya pembuatan sertifikat tanah belakangan ini semakin banyak diburu oleh masyarakat. Seperti kita tahu bahwa masyarakat banyak melakukan investasi dalam bentuk tanah. Hal ini merupakan suatu pola pikir yang cerdas mengingat beberapa tahun ke depan harga tanah selalu mengalami peningkatan.

Informasi Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah Serta Biayanya
Informasi Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah Serta Biayanya

Seiring dengan pertambahan usia yang tak muda lagi, masyarakat dituntut untuk berpikir cerdas sebagai upaya untuk persiapan masa depannya kelak. Jika sudah memiliki tanah, sudah pasti si pemilik harus mengurus surat sertifikat sebagai bukti kepemilikan tanah. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Namun yang sering terjadi di masyarakat adalah rasa malas yang dimiliki ketika mereka diharuskan untuk mengurus pembuatan sertifikat tanah.

Berbicara mengenai surat menyurat tanah, belum lama ini menteri Agraria dan tata ruang, Ferry Mursyidan Baldan menghimbau masyarakat untuk segera melakukan pengurusan sertifikat tanah langsung ke Badan Pertanahan Nasional. Mengapa demikian? Himbauan ini dilakukan untuk menghindari aksi pungutan liar yang belakangan ini semakin merajalela di masyarakat.

A.  Besarnya Cost Pengurusan Sertifikat dari Tanah Girik

Cost begitu relatif terlebih bergantung pada tempat serta luasnya tanah. Makin luas tempat serta makin strategis tempatnya, cost bakal makin tinggi.

Bila Anda sudah tahu langkah mengurusi sertifikat, saat ini waktunya Anda untuk pilih serta beli tanah. Apabila bakal berinvestasi tanah, sebaiknya cermati dengan cermat beberapa cara aman beli tanah. Pasalnya, sekarang ini makin banyak masalah persengketaan tempat atau tanah yang kerapkali selesai merugikan. Karenanya, bila menginginkan beli tanah, mesti cermati beberapa langkah aman di bawah ini.

Cek tanah terlebih dulu, baik kontur tanah maupun potensi tanahnya. Diluar itu, lihatlah dahulu tempat tanahnya, apakah strategis atau tak.
Yakinkan surat-surat tanahnya masihlah komplit serta absah, termasuk kepemilikannya. Bila tanah itu telah bersertifikat, periksalah apakah sertifikat itu telah beralih tangan atau belum. Langkahnya, dengan memohon SKPT (Surat Info Pendaftaran Tanah) di kantor kelurahan setempat. Apabila tanah itu belum bersertifikat serta masihlah berbentuk girik, baiknya mengecek keabsahan bukti kepemilikannya.
Untuk meyakinkan keabsahan sertifikat tanah yang bakal dibeli, manfaatkanlah layanan PPAT untuk memeriksanya. PPAT bakal mengecek keaslian sertifikat tanah itu ke BPN (Tubuh Pertanahan Nasional).
Bila sertifikat tanah dinyatakan absah atau tak punya masalah dalam soal apapun, setelah itu yaitu bikin Akta Jual Beli (AJB) oleh PPAT.
Menyerahkan berkas AJB itu ke BPN untuk mengurusi balik nama sertifikat tanah yang dibeli. Penyerahan berkas untuk balik nama paling lambat 7 hari sesudah penandatanganan AJB supaya selekasnya diolah. Umumnya, 2 minggu sesudah penandatanganan itu, konsumen bakal selekasnya memperoleh sertifikat baru atas nama yang baru juga.
Sesudah semuanya prosedur diatas sudah rampung, hal yang dikerjakan setelah itu yaitu mengurusi pembayaran pajak lewat PPAT. Tetapi Anda dapat juga membayarnya sendiri. Untuk BPHTB, yang awal mulanya dibayarkan ke kas negara, saat ini mesti dibayarkan ke kas semasing pemerintah daerah lewat Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda).

Seluruh besar biaya yang harus dibayarkan oleh si pembuat pada dasarnya sudah diatur lengkap di peraturan pemerintah Nomor 128 Tahun 2015. Kasus tentang penipuan dalam pembuatan sertifikat tanah memang kerap melanda masyarakat terlebih lagi mereka yang masih sangat awam dengan prosedur pemerintahan.

Pada dasarnya biaya yang harus dibayarkan ketika anda ingin membuat sertifikat tanah bergantung dengan tanah yang dimiliki. Di samping itu, Anda juga wajib mempelajari cara hitungnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengukuran tanah yang bersangkutan. Ketika melakukan pengukuran ini pun anda juga akan dikenai biaya. Selanjutnya, anda harus membayar biaya pemeriksaan tanah. Jika sudah, anda harus membayarkan biaya pendaftaran tanah untuk kali pertamanya.

Selanjutnya, anda harus menghitung sendiri biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan luas tanah dikalikan dengan harga per meter yang telah ditetapkan. Untuk jumlah totalnya anda bisa menjumlahkan seluruh biaya mulai dari awal yaitu pemeriksaan tanah. Supaya lebih murah, anda jangan sampai menggunakan calo karena diperkirakan harga bisa naik dua kali lipat.

B.  Mengurusi di Kelurahan Setempat

Ada banyak hal yang butuh Anda kenali untuk lewat bagian pengurusan sertifikat untuk tanah girik. Mengenai beberapa hal yang butuh di perhatikan, diantaranya :

Surat Info Tak Sengketa
Anda butuh meyakinkan kalau tanah yang diurus bukanlah adalah tanah sengketa. Hal semacam ini mengacu pada pemohon sebagai yang memiliki yang sah. Sebagai buktinya, dalam surat info tak sengketa butuh mencantumkan sinyal tangan saksi-saksi yang bisa diakui. Saksi-saksi itu yaitu petinggi Rukun Tetangga (RT) serta Rukun Warga (RW) setempat. Hal itu lantaran mereka yaitu kelompok tokoh orang-orang yang tahu histori penguasaan tanah yang dimohonkan. Tetapi, bila satu tempat tak ada RT serta RW seperti banyak daerah, saksi dapat diperoleh dari tokoh kebiasaan setempat.

Surat Info Kisah Tanah
Selanjutnya, Anda butuh bikin Surat Info Kisah Tanah. Manfaatnya, untuk menjelaskan dengan cara tercatat kisah penguasaan tanah semula pencatatan di kelurahan s/d penguasaan saat ini. Termasuk juga juga di dalamnya sistem peralihan berbentuk peralihan beberapa atau keseluruhnya. Umumnya, tanah girik awalannya begitu luas lalu di jual atau diarahkan beberapa.

Surat Info Penguasaan Tanah Dengan cara Sporadik
Surat Info Penguasaan Tanah Dengan cara Sporadik ini mencantumkan tanggal perolehan atau penguasaan tanah.

C.  Mengurus di Kantor Pertanahan

Sesudah mengurusi dokumen di kelurahan setempat, Anda bisa menlanjutkan ke kantor pertanahan. Mengenai, tahapannya seperti berikut :

Ajukan Permintaan Sertifikat
Langkahnya dengan menyertakan dokumen-dokumen yang diurus di kelurahan, serta diperlengkapi dengan prasyarat resmi, yakni foto copy KTP serta KK pemohon, foto copy PBB th. jalan, serta dokumen-dokumen lain yang disyaratkan oleh undang-undang.

Pengukuran ke Tempat
Pengukuran ini dikerjakan sesudah berkas permintaan komplit serta pemohon terima sinyal terima dokumen dari kantor pertanahan. Pengukuran dikerjakan oleh petugas dengan diperlihatkan batas-batas oleh pemohon atau kuasanya.

Pengesahan Surat Ukur
Hasil pengukuran di tempat bakal diciptakan serta dipetakan di BPN serta Surat Ukur disahkan atau tandatangani oleh petinggi yang berwenang, biasanya yaitu kepala seksi pengukuran serta pemetaan.

Riset oleh Petugas Panitia A
Sesudah Surat Ukur di tandatangani dilanjutkan dengan sistem Panitia A yang dikerjakan di Sub Seksi Pemberian Hak Tanah. Anggota Panitia A terbagi dalam petugas dari BPN serta lurah setempat.

Pengumuman Data Yuridis di Kelurahan serta BPN
Data yuridis permintaan hak tanah itu diumumkan di kantor kelurahan serta BPN sepanjang enam puluh hari. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar penuhi pasal 26 PP No. 24 Th. 1997. Dalam praktiknya, mempunyai tujuan untuk menanggung kalau permintaan hak tanah ini tak ada keberatan dari pihak lain.

Terbitnya SK Hak Atas Tanah
Sesudah periode waktu pengumuman tercukupi, dilanjutkan dengan penerbitan SK hak atas tanah. Tanah dengan basic girik ini bakal segera terbit berbentuk Sertifikat Hak Punya (SHM).

Pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah (BPHTB)
BPHTB dibayarkan sesuai sama luas tanah yang dimohonkan seperti yang terdaftar dalam Surat Ukur. Besarnya BPHTB bergantung dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) serta luas tanah. BPHTB ini dapat dapat dibayarkan ketika Surat Ukur usai, yakni ketika luas tanah yang dimohon telah di ketahui dengan cara tentu.

Pendaftaran SK Hak untuk diterbitkan sertifikat
SK Hak lalu dilanjutkan prosesnya dengan penerbitan sertifikat pada subseksi Pendaftaran Hak serta Info (PHI).

Pengambilan Sertifikat
Pengambilan sertifikat dikerjakan di loket pengambilan. Lamanya saat pengurusan sertifikat ini tidak bisa di pastikan. Banyak aspek yang memastikan. Walau demikian, kurang lebih bisa di ambil sekitaran 6 bln. dengan catatan kalau tak ada kriteria yang kurang.

Kalau masih bingung dengan informasi biaya pembuatan sertifikat tanah, tak ada salahnya bertanya kepada yang orang sekitar yang memahaminya.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Amin…

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *